Tahapan Pemilu Legislatif 2014

Pemilu adalah sarana yang digunakan oleh negara yang menganut sistem demokrasi untuk memilih para pemimpinnya. Dua cabang kekuasaan negara yang penting, yaitu lembaga perwakilan rakyat ( badan legislatif) dan pemerintah (badan eksekutif), umumnya dibentuk melalui pemilu.

Salah satu syarat pemilu yang demokratis adalah adanya partisipasi dari masyarakat. Bentuk partisipasi paling mendasar yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah mengetahui informasi terkait dengan pemilu. Untuk mempermudah masyarakat dalam mengetahui informasi tentang pemilu, pada kesempatan ini Ayo Vote ingin memberikan tahapan mengenai pemilu.

Adapun tahapan yang kali ini ditampilkan adalah mengenai pemilu legislatif. Tahapan ini terbagi ke dalam enam bentuk. Pertama, pendaftaran pemilih. Tahap ini berkaitan dengan pengumpulan data masyarakat yang dianggap sudah bisa memilih. Kedua, pencalonan. tahapan pencalonan berkaitan dengan pengumpulan serta seleksi pihak-pihak yang akan kita pilih pada waktu pemilihan nanti.

Tahap selanjutnya adalah kampanye para calon. Keempat, pemungutan suara, merupakan masa di mana masyarakat akhirnya memilih para calon di TPS-nya masing-masing. Untuk teman-teman pemilih yang berada di luar negeri, waktu pemilihan dilakukan lebih dahulu dibandingkan yang di dalam negeri. Kelima, penghitungan suara di TPS dalam negeri dan luar negeri. Keenam, penetapan hasil total penghitungan pemilu legislatif 2014.

Seperti apakah jadwal Pemilu Legislatif 2014, berikut ini adalah tampilan secara singkatnya:

tahapan pemilu 2014

Tags: ,

Author Description

Disna Harvens

Dipanggil Boim. Zoon Politikon. "Just because you do not take an interest in politics doesn’t mean politics won’t take an interest in you” - Pericles

No comments yet.

Join the Conversation