Profil Caleg: Hayono Isman

Hayono_IsmanNama Lengkap: Hayono Isman
Tempat / Tanggal Lahir: Semarang, 25 April 1955
Domisili: Jakarta Pusat
Partai: Partai Demokrat
Jabatan di DPR: Anggota Komisi I (Pertahanan, Intelijen, Luar Negeri, Komunikasi dan Informatika)
Dapil 2009: DKI I (nomor urut 1)
Dapil 2014: DKI I (nomor urut 1)
Status perkawinan: Menikah dengan Poppy Puspitasari
Links: n/a

Karir politik Hayono Isman dapat ditelusuri hingga masa Orde Baru dimana ia menjabat sebagai anggota DPR fraksi Golkar periode 1987-1992 dan periode 1992-1993. Masih pada masa Orde Baru, ia sempat menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pada Kabinet Pembangunan VI tahun 1993-1998. Tercatat Maret 2005, Hayono mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, jabatan yang mana pada saat itu jatuh ke tangan Hadi Utomo. Sampai saat ini Hayono duduk sebagai anggota Dewan Pembina Partai Demokrat.

 

Kunjungan Luar Negeri DPR

Sudah diketahui secara umum bahwa kunjungan-kunjungan DPR ke luar negeri kerap menguak kontroversi. Salah satu kunjungan yang mungkin masih segar dalam ingatan anak muda saat ini adalah kunjungan DPR ke Jerman pada tahun 2012 silam yang ditolak oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Jerman.

PPI skeptis akan kunjungan DPR ke Jerman yang dipimpin oleh Hayono dan meminta DPR untuk mengirimkan organisasi pemuda tersebut lembaran rincian total pengeluaran kunjungan DPR. Ditulis di kompas.com, Hayono menjelaskan bahwa total pengeluaran kunker selama lima hari itu sebesar 114.873 dolar AS atau sekitar Rp 1,14 miliar. Ada 11 anggota Komisi I dari empat fraksi yang ikut, yakni Fraksi Partai Demokrat, Partai Golkar, PDI Perjuangan, dan Partai Keadilan Sejahtera.

“Sikap kritis penting bagi penguatan demokrasi. Saya senang bila mahasiswa yang sampaikan. Namun sikap kritis itu harus didasarkan kepada informasi yang akurat dan rasional,” ujar Hayono dalam pesan singkat kepada vivanews.com. Hayono kemudian menjelaskan, seperti dikutip detik.com: “Tujuan kunjungan kerja Komisi I adalah dalam rangka melakukan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan pemerintah dan APBN di perwakilan RI Jerman.”

 

Remunerasi Prajurit TNI

Hayono mendukung pemberian remunerasi kepada prajurit TNI yang berlaku mulai Juli 2010. TNI akan mendapatkan Rp 3.3 triliun, Polri Rp 1,9 triliun, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rp 36 miliar, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Rp 6,9 miliar, Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Rp 6,7 miliar dan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemko Kesra) Rp 5,8 miliar. Dirapel enam bulan terakhir untuk 887.754 orang, masing-masing mendapat remunerasi sebesar Rp1 juta/bulan.

“Dengan pemberian remunerasi, semangat prajurit TNI diharapkan semakin baik, bukan hanya tugas pertahanan negara di perbatasan, melainkan juga lebih siap menghadapi bencana alam sebagai tugas operasi militer bukan perang,” ujar Hayono seperti dikutip gatra.com usai pertemuan koordinasi dengan jajaran Kodam IX/Udayana, di Markas Korem 162/Wira Bhakti, Mataram.

 

Komitmen terhadap Olahraga Indonesia

Menjabat sebagai ketua umum Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), Hayono mengadakan Festival Olahraga Rekreasi Nasional) yang pertama di Indonesia di bulan Oktober 2011. Lima festival diadakan dengan kategori Modern Sport, Massive Sport, Traditional Sport & Game, dan Challenge Game.

 

Quick Facts

- Hayono merupakan lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIPAN).
- Hayono menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (KOSGORO).

Tags: , , , , , , , ,

Author Description

Fiz Ramdhani

"The price good men pay for indifference to public affairs is to be ruled by evil men." - Plato

No comments yet.

Join the Conversation