Jokowi-JK Capres-Cawapres Terpopuler di Media Sosial

jokowi-jk-1
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan mantan wakil presiden Jusuf Kalla adalah pasangan capres-cawapres yang terpopuler di media sosial, menurut survey Politicawave yang dirilis Selasa, (24/9).

Berdasarkan survey berjudul “Analisis Sosial Media Calon Presiden 2014″ yang dilakukan selama periode 1 Maret – 31 Agustus 2013, pasangan Jokowi-Kalla berada di posisi pertama dengan persentase sebesar 16,91%.

Posisi kedua diikuti oleh Jokowi dan ketua umum partai Gerindra, Prabowo Subianto, dengan 10,17%.

Dari hasil pemantauan tersebut, hampir sebagian besar duet capres-cawapres di media sosial didominasi oleh Jokowi yang disandingkan dengan beberapa figur lainnya seperti Aburizal Bakrie, Hatta Rajasa, Mahfud MD, Dahlan Iskan, atau Gita Wirjawan. Akan tetapi, muncul juga pasangan seperti Prabowo-Hatta Rajasa yang memiliki tingkat popularitas sebesar 2,53% dan Aburizal Bakrie-Pramono Edhie Wibowo dengan persentase 0,58%.

Mendominasinya nama Jokowi sebagai capres di media sosial tidak terlepas dari figur dirinya secara pribadi. Dari pemantauan Politicawave, akun pribadi twitter Jokowi memiliki followers yang banyak dan daya jangkau yang cukup luas dibandingkan akun politisi lainnya.

“Jumlah followers akun twitter Jokowi sebanyak 742.226 akun dan memiliki potential reach untuk menjangkau akun sebanyak 318.889.166 akun,” jelas Jose Rizal, direktur Politicawave.

“Dari total 3.994.528 percakapan yang kami peroleh selama pemantauan, 60 persen di antaranya diisi oleh nama Jokowi. Nama lain yang juga dibicarakan adalah Dahlan Iskan, Megawati, Hatta Rajasa, dan Gita Wirjawan yang memiliki persentase sekitar 6 persen,” lanjutnya.

Populernya Jokowi di media sosial ini juga dipengaruh oleh figur kepemimpinan dirinya di dunia nyata. Menurut Direktur Riset Charta Politika, Yunarto Wijaya, berbagai gebrakan serta kebijakan yang dilakukan olehnya ternyata cukup menarik perhatian netizen sehingga jadi bahan perbincangan mereka di media sosial.

“Figur Jokowi merupakan antitesi dari stigma masyarakat yang menyatakan bahwa politik adalah sesuatu yang kotor dan pemimpin identik dengan sifat arogan,” ujar Yunarto.

Meskipun nama Jokowi-Kalla sudah banyak diperbincangkan di media sosial sebagai capres-cawapres, Jokowi belum diusung secara resmi oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

“Kita tunggu sampai Januari nanti, apakah Jokowi akan resmi diusung atau tidak jadi capres. Jika tidak diusung sekalipun, akan ada banyak masyarakat yang berusaha untuk datang ke kantor PDI-P demi mengusung dirinya [Jokowi] untuk maju sebagai capres karena ia adalah sosok yang diharapkan oleh masyarakat,” ujar analis politik Zuhairi Misrawi.

Tags: ,

Author Description

Disna Harvens

Dipanggil Boim. Zoon Politikon. "Just because you do not take an interest in politics doesn’t mean politics won’t take an interest in you” - Pericles

No comments yet.

Join the Conversation